LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIA ENZIM AMILASE PDF

laporan ini berisi tentang uji beberapa enzim LAPORAN BIOKIMIA ENZIM. Home · LAPORAN BIOKIMIA ENZIM. laporan ini berisi tentang uji beberapa. View from SOC at St. Augustine’s University. Pembahasan Aktivitas Ptialin Dalam praktikum pengujian aktivitas enzim ptialin, sumber enzim yang Molekul amilase membentuk spiral disekitar molekul I 2 sehingga timbul warna biru tua 19 pages [Laporan Biokimia Dasar] LAPORAN MIKROBIOLOGI Berikut beberapa uji Biokimia yang digunakan untuk Suatu bakteri yang mempunyai enzim amilase dapat menghidrolisis pati (suatu com/laporan-praktikum-agent-penyakit/laporan-praktikum-uji- biokimia/ Uji.

Author: Fegrel Macage
Country: Chad
Language: English (Spanish)
Genre: Automotive
Published (Last): 6 December 2004
Pages: 500
PDF File Size: 14.81 Mb
ePub File Size: 18.7 Mb
ISBN: 282-3-36379-437-4
Downloads: 25092
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Yozshujas

Tabung diinkubasi dalam penangas air suhu 50C selama 10 menit7Penentuan Aktifitas Enzim -amilase dengan metoda Fuwa3. Pemanasan yang dilakukan bertujuan agar enzim pada percobaan berada dalam suhu optimum. Pada tabung kontrol tidak terdapat enzim yang biokimix menghidrolisis amilum, sehingga sisa amilum yang dapat membentuk kompleks dengan iodin pada tabung kontrol lebih banyak dan absorbansi tabung kontrol nilainya lebih besar daripada nilai absorbansi tabung sampel.

Laporxn itu ditambahkan 15 tetes enzim bromelialin kemudian didiamkan selama 15menit.

Kedokteran Gigi14 | Lambung Mangkurat University –

Hal ini menandakan bahwa susu sapi segar mempunyai gugus asam amino. Mekanisme enzim katalase memecah H2O2 yaitu saat melakukan respirasi, bakteri menghasilkan berbagai macam komponen salah satunya H2O2.

Menurut perjanjian internasional, suatu unit aktifitas enzim adalah jumLah enzim yang menyebabkan perubahan 1mol mol substrat per menit pada suhu 25C dalam keadaaan optimum sistem tersebut. Pada tabung kedua k edua yang ditambahkan 2 ml suspensi amilum, setelah diteteskan larutan Benedict tidak terjadi perubahan warna atau tetap biru tua, sedangkan setelah diteteskan larutan IKI terjadi perubahan warna menjadi kuning tua.

Uji ini dilakukan dengan langkah: Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat dalam suatu arah lintasan metabolisme yang ditentukan oleh hormon sebagai promoter. Saliva merupakan cairan mulut yang kompleks terdiri dari campuran sekresi kelenjar saliva mayor dan minor yang ada dalam rongga mulut.

Fermentasi yang terjadi didalam medium tersebut adalah fermentasi laktosa. Oleh karena itu, warna yang seharusnya terbentuk kuning lebih jernih tidak seperti hasil yang kami peroleh.

  HANGUGEO 2 PDF

Uji katalase dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya enzim katalase pada bakteri. Setelah itu dikocok dan didiamkan selama 15 menit, dan ditetesi dengan menggunakan reagen IKI.

Cara terakhir ini lebih baik karena dapat dilakukan secara kontinyu dan dapat dicatat dalam suatu bagan.

Bakteri katalase negatif tidak memiliki enzim katalase yang menguraikan H2O2. Untuk terhidrolisanya kasein dengan mengamati perubahan media disekitar koloni bakteri menjadi jernih uji positif atau tetap buram uji negatif. Larutan iod dalam uji ini menjadi indikator adanya hidrolisa pati.

Awalnya, larutan berwarna putih keruh berubah menjadi kuning dengan campuran warna hitam. Hasil dari uji-uji di atas akan membantu dalam penggolongan jenis bakteri, yaitu la;oran mencocokkan hasil pengamatan dengan buku determinan sehingga akan diketahui nama dari bakteri tersebut. Adanya perubahan warna pada medium yang berisi biakan bakteri sampel yang membuktikan bahwa bakteri tersebut mempunyai enzim untuk mengubah struktur gula menjadi produk fermentasi.

Bakteri katalase positif seperti S. Menghilangnya pati menunjukkan keberadaan amilase. Beberapa enzim bekerja bersama suatu kofaktor non protein, yang dapat berupa senyawa organik maupun anorganik. Saliva sebagian besar yaitu sekitar 90 persennya dihasilkan saat makan yang merupakan reaksi atas rangsangan yang berupa pengecapan dan pengunyahan makanan Kidd Monosakarida jenis manosa dan galaktosa terlebih dahulu akan diubah menjadi glukosa melalui reaksi epimerisasi.

Substrat yang berikatan dengan sisi aktif enzim akan membentuk produk. Pada peptonisasi sempurna endapannya terkumpul dibawah dan kemudian cairan susu menjadi jernih.

Penentuan Aktifitas Enzim Alfa-amilase dengan Metoda Fuwa

Kemudian dikocok hingga tercampur dan ditambahkan suspensi amilum yang diuji sebanyak 5 tetes, larutan kemudian dipanaskan mengunakan penjepit dan pembakar spiritus hingga mendidih atau selama 2 menit. Pengaruh suhu zmilase kinerja enzim Pada percobaan selanjutnya adalah untuk mengetahui pengaruh suhu terhadap kinerja enzim. Kemudian pada biokjmia kedua yang ditambahkan larutan HCl setelah diteteskan larutan IKI warna berubah menjadi kuning, sedangkan amilum dan HCl yang diteteskan larutan Benedict berubah warna menjadi biru muda.

Sedangkan bakteri seperti E. Percobaan dilakukan dengan meletakkan suspensi amilum pada tabung reaksi pertama yang kemudian ditambahkan amilase dari saliva. Pengujian biokimia selanjutnya adalah mengenai kemampuan B.

Pada percobaan ini digunakan 3 tabung reaksi yang diisi 2 ml susu kedelai, albumin telur dan susu sapi. Pada Pad a pH yang terlalu tinggi atau terlalu rendah umumnya enzim enzjm non aktif secara irreversibel karena menjadi denaturasi protein.

  ANEMIA MICROCITICA HIPOCROMICA CAUSAS PDF

Penentuan Aktifitas Enzim Alfa-amilase dengan Metoda Fuwa

Kesalahan yang terjadi pada percobaan ini dapat dikarenakan oleh kurangnya ketelitian dalam mengamati perubahan warna dan kurang tepat dalam pemberian volum ekstrak enzim yang diperlukan.

Uji ini menggunakan medium SIM. Peptonisasi terjadi dalam keadaan aerob dan anerob: Setelah itu dikocok dan didiamkan selama 15 menit, ditetesi dengan menggunakan reagen IKI.

Pada tabung kemudian ditambahkan asam asetat 1 N dan divortex agar semua bagian enzim dan aimlase terkena asam. Media yang digunakan adalah media nutrien agar NA. Pada tabung pertama yang diletakkan didalam air es setelah diteteskan larutan Benedict terjadi perubahan warna menjadi biru, sedangkan setelah diteteskan larutan IKI terjadi perubahan menjadi kuning. Uji peptonisasi bertujuan untuk mengetahui adanya pemecahan protein dari bentuk tidak larut menjadi larut.

Uji MR Hasilnya positif, terjadi perubahan warna menjadi merah setelah ditambahkan methyl red. Medium susu tanpa lemak digunakan ezim pengujian fermentasi, peptonisasi atau kedua-duanya yang terjadi bersama-sama. Warna biru menunjukkan keberadaan pati, warna coklat menunjukkan hidrolisis sempurna dari pati menjadi maltase.

LAPORAN BIOKIMIA ENZIM

Uji Fermentasi Karbohidrat Uji fermentasi karbohidrat bertujuan untuk mengetahui kemampuan suatu bakteri dalam memfermentasikan karbohidrat. Adanya asam ini akan menentukan pertumbuhan bakteri lebih lanjut, sehingga peruraian protein tidak terjadi Jutono dkk, Sisi aktif suatu enzim dapat digunakan berulang kali oleh banyak substrat. Dalam membuat ekstrak kecambah kacang hijau, bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah kecambah, dan aquades. Suhu Oleh karena reaksi kimia itu dapat dipengaruhi suhu maka reaksi menggunakan katalis enzim dapat dipengaruhi oleh suhu.

Protein dapat dihidrolisis dengan bantuan enzim yaitu enzim protease. Media ini biasanya digunakan dalam indetifikasi yang cepat.

Pada percobaan ketiga untuk mengetahui aktivitas enzim bromealin digunakan bahan uji yaitu susu kedelai,albumin telur dan susu sapi dengan reagen larutan Ninhidrin. Adanya asam organik akan mengubah pH medium sehingga indikator akan memberikan respon dan terjadi perubahan warna pada medium.